Senin, 26 Desember 2016

Teka-Teki Paradoks: Pikirkan dan Pecahkan

Anda tahu apa itu Paradoks? Paradox itu adalah situasi yang muncul dari sejumlah premis-premis yang saling berkaitan dan memiliki jawaban ganda, atau dengan kata lain permasalahan yang tidak bisa dipecahkan, karena jawaban dan pernyataan akan saling bertentangan dengan akal sehat. Sederhana nya, gaya bahasa yang mengandung pertentangan-pertentangan yang nyata dengan fakta-fakta yang ada.

Langsung saja, dibawah ini adalah kumpulan dari jenis-jenis paradoks yang telah melewati berbagai proses seleksi hingga akhirnya terpilih beberapa kandidat yang mewakili mereka yang tidak terpilih (?)

1. Ship of Theseus
Ship of Theseus atau dikenal juga sebagai Theseus Paradoks adalah paradoks tentang identitas suatu materi. 
Dalam mitologi Yunani Theseus pergi dengan sebuah kapal untuk mengalahkan Minotaur yang selalu meminta tumbal dari penduduk Athena. Kapal tersebut terbuat dari 100 potongan kayu. Agar kapal tersebut dapat berlayar untuk berabad-abad, perbaikan demi perbaikan dilakukan. Setiap tahunnya 1 potongan kayu yang sudah tua dan lapuk akan diganti oleh potongan kayu yang baru. 

Pertanyaannya : Apakah kapal tersebut adalah kapal Theseus yang sama atau sesuatu yang sama sekali baru dan berbeda? Jika tidak pada titik manakah itu berhenti menjadi kapal yang sama?

Jika memang hal itu merupakan kapal yang sama, coba pertimbangkan jika semua kumpulan kayu yang rapuh yang telah digantikan dengan potongan yang baru tersebut dibuat ulang menjadi kapal Theseus yang sama. Manakah kapal yang benar-benar kapal Theseus?

Paradoks ini menunjukkan bahwa kita tidak benar-benar tahu tentang identitas suatu materi.
...
2. Omnipotence Paradoks
Omnipotence berasal dari kata bahasa latin yaitu omne, artinya segalanya/ semaunya dan potence artinya kuasa. Sehingga Omnipotence dapat diartikan sebagai maha kuasa. Paradoks ini adalah paradoks klasik yang banyak dipertanyakan oleh orang-orang Ateis. 
Paradoks ini mengatakan bahwa:

"Jika Tuhan Maha Kuasa, dapatkah ia membuat batu yang sangat berat sehingga Tuhan tidak sanggup mengangkatnya?"

Apabila jawabannya adalah "ya", maka Tuhan tidak maha kuasa karena Ia tidak mampu mengangkat benda tadi, dan jika jawabannya "tidak" maka Tuhan juga tidak maha kuasa karena Ia tidak dapat menciptakan benda seperti yang dimaksud.

Apapun jawabannya, perlu diingat bahwa Tuhan adalah diluar jangkauan logika umat manusia itu sendiri.
...
5. The Irresistible Force Paradox
Juga biasa dikenal dengan sebutan unstoppable force paradox dan shield and spear paradox.
Biasa digunakan untuk membalas paradox yang juga cukup populer dimana "bisakah tuhan mencipatakan benda yang tidak bisa ia angkat" namun yang menjadi tolak ukur disini adalah "What happens when an unstoppable force meets an immovable object?" 

Ketika sebuah benda yang tidak bisa berhenti bertemu dengan benda yang tidak bisa digerakan, apa yang akan terjadi? apakah kedua benda berhenti? atau kedua benda bergerak? atau gaya kedua benda bertukar?
...
6. Paradoks Pinokio
Biasa juga disebut Liar Paradox, atau paradoks kebohongan.
Pinokio adalah tokoh dongeng dimana hidungnya akan memanjang apabila ia berkata bohong. Bagaimana jika Pinokio berkata "Hidung saya akan memanjang sekarang!", jika ia berbohong, maka hidungnya akan memanjang. Tapi jika hidungnya memanjang, berarti yang dikatakannya benar, dan harusnya hidungnya tidak memanjang ...
Bonus:



0 komentar: